Beranda | Artikel
Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1442-1444 (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Minggu, 23 April 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan menjelaskan “Hadits 1442-1444” dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah. Kajian ini disampaikan pada Ahad malam, 27 Rajab 1438 / 23 April 2017.

Download juga kajian sebelumnya: Hadits 1439-1441

TPP: Disyariatkan Memberikan Nasihat kepada Pemimpin yang Jatuh pada Kesalahan, Larangan Mengganggu Tetangga, Kebenaran akan Adzab Kubur

[sc:status-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Kajian: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits 1442-14441

Di dalam hadits yang ke 1442 dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أشد الناس عذابا عند الله يوم القيامة أشدهم عذابا للناس في الدنيا

“Orang yang paling keras siksanya di sisi Allah pada hari kiamat adalah mereka yang paling keras dalam menyiksa/perlakuannya kepada manusia saat di dunia.”

Hadits ini bisa diambil faidah di antaranya adalah disyariatkan memberikan nasihat kepada pemimpin yang Jjatuh pada kesalahan.

Di dalam hadits yang ke 1443 dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

استعيذوا بالله من شر جار المقام , فإن جار المسافر إذا شاء أن يزايل زايل

“Mintalah perlindungan kepada Allah dari kejelekan tetangga di tempat tinggal, karena tetangga ketika safar itu mudah (untuk dijauhi/ditinggalkan).”

Hadits ini bisa diambil faidah di antaranya adalah larangan mengganggu tetangga, dan anjuran untuk baik terhadap tetangga, serta dianjurkan kita untuk mencari tetangga yang shalih dan baik.

Simak penjelasan tentang hadits-hadits yang ada di dalam pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi semua.

Download Kajian: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits 1442-1444


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/26718-kajian-kitab-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-hadits-1442-1444-ustadz-badrusalam-lc/